
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT X tidak dapat mencapai target laba dikarenakan adanya alokasi biaya yang tidak memperhitungkan biaya tidak langsung dan penentuan tarif yang tidak didasarkan oleh perhitungan harga pokok penjualan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu descriptive analysis dan content analysis berdasarkan performance theory. Strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan metode penelitian kualitatif. PT X belum pernah mencapai target laba sejak lima tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang terjadi di PT X yang bergerak di industri jasa logistik. To improve product cost and price setting accuracy, this research recommends PT X to conduct Customer Profitability Analysis, apply Time-Driven Activity Based Costing to cost allocation and apply internal control system. Results shows that PT X cannot achieve target profit due to inaccurate allocation of product cost and inaccurate price setting.

The data are analysed using descriptive analysis and content analysis techniques based on performance theory.

This study is conducted using a case study with a qualitative research method. This research aims to answer the problem arising in PTX, a logistic services company, that never achieved target profit over five past years.
